Gambar Digital Puppeter dalam Animasi 2D

Hii.... lama nggak muncul saya menulis meteri tentang gambat digital puppeter dalam Animasi 2D. Nggak usah lama-lama lasung aja yuk!

GAMBAR DIGITAL PUPPETER DALAM ANIMASI 2D

A. ANIMASI STOP MOTION 2D

1. Pengertian animasi stop motion
       Adalah teknik membuat animasi/film/movie yang dibuat seolah-olah potong-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lainnya sehingga membentuk suatu gerakan bahkan cerita.

2. Jenis-jenis animasi stop motion
       Berdasarkan teknik pembuatannya, animasi stop motion dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Animasi cut out 
          Adalah teknik animasi yang digunakan untuk membentuk sebuah animasi, dimana dengan cara pembuatannya dengan membuat potongan gambar yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

  • Animasi clay
          Jenis animasi yang menggunakan clay atau tanah liat atau bahan-bahan elastis yang bisa dibentuk, sebagai objek gerakan.

  • Animasi puppet ( wayang atau boneka )
          Jenis animasi yang menggunakan yang melibatkan boneka atau wayang atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam yang ada.

  • Animasi pixilation
          Jenis animasi yang menggunakan aktor hidup, dimana hidup ini berperilaku selayaknya boneka.

  • Animasi grafis/graphic animation
          Adalah jenis animasi dengan variasi yang lebih konseptual dari pada animasi sel tradisional barang datar dan animasi stop motion dengan jenis cut out .

  • Animasi objek (object animation )
         Jenis ini menggunkan benda-benda seperti boneka, kaleng, atau balok, dimana benda-benda tersebut tidak seperti tanah liat yang mudah dibentuk dan lunak.

  • Animasi siluet ( silhoutte animation )
          Adalah animasi yang digunting dan dirangkai sebagai bayangan (hitam) gambar gelap.

3. Cara kerja animasi stop motion
     Cara kerja animasi stop motion yaitu mengharuskan animator mengubah adegan posisi atau tampilan secara fisik, dengan memfoto satu per satu frame, mengubah adegan, posisi, atau tampilan lagi, dan memfoto satu frame lagi , dan seterusnya.

4. Langkah membuat animasi stop motian

  1.     Konseptualisasi, merupakan proses pencetusan ide utama dan paduan untuki membuat animasi.
  2. Scripting, kegiatan menulis konsep yang sudah dipikirkan dalam bentuk naratif, deskriptif, atau sinopsis.
  3. Storyboard, merupakan komponen peting dalam animasi yang merupakan visualisasi rencana dari seluruh proyek yang dikerjakan berisi shots dan angle yang diperlukan untuk mempermudah seluruh proses pengerjaan.
  4. Set-up, menyiapkan elemen dan material yang diperlukan mulai dari background, objek, kamera, tripod, dan pencahayaan.
  5. Produksi/pemotretan merupakan proses dimana anda melakukan segala pemotretan, setting karakter, dan background untuk menghasilkan frame-frame animasi.
  6. Proses editing dan mixing audio pascaproduksi merupakan proses dimana anda memasukkan hasil frame-frame foto hasil produksi ke software pengolah gambar yang selanjutnya akan dijadikan movie dan memasukkan suara dan efek suara.
Oke sekian dari saya semoga membantu. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK PANCASILA 6 JATISRONO